Kamis, 29 September 2011

Protokol Komputer

Protokol adalah aturan-aturan main yang mengatur komunikasi diantara beberapa komputer di dalam sebuah jaringan, aturan itu termasuk di dalamnya petunjuk yang berlaku bagi cara-cara atau metode mengakses sebuah jaringan, topologi fisik, tipe-tipe kabel dan kecepatan transfer data.

Protokol-Protokol yang dikenal adalah sebagai berikut :
1. Ethernet
2. Local Talk
3. Token Ring
4. FDDI
5. ATM

1. Ethernet

Protocol Ethernet sejauh ini adalah yang paling banyak digunakan, Ethernet menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection). Sistem ini menjelaskan bahwa setiap komputer memperhatikan ke dalam kabel dari network sebelum mengirimkan sesuatu ke dalamnya. Jika dalam jaringan tidak ada aktifitas atau bersih computer akan mentransmisikan data, jika ada transmisi lain di dalam kabel, komputer akan menunggu dan akan mencoba kembali transmisi jika jaringan telah bersih. kadangkala dua buah komputer melakukan transmisi pada saat yang sama, ketika hal ini terjadi, masing-masing komputer akan mundur dan akan menunggu kesempatan secara acak untuk mentransmisikan data kembali. metode ini dikenal dengan koalisi, dan tidak akan berpengaruh pada kecepatan transmisi dari network.
Protokol Ethernet dapat digunakan untuk pada model jaringan Garis lurus , Bintang, atau Pohon . Data dapat ditransmisikan melewati kabel twisted pair, koaksial, ataupun kabel fiber optic pada kecepatan 10 Mbps.



2. LocalTalk


LocalTalk adalah sebuh protokol network yang di kembangkan oleh Apple Computer, Inc. untuk mesin-mesin komputer Macintosh . Metode yang digunakan oleh LocalTalk adalah CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance). Hampir sama dengan CSMA/CD.. Adapter LocalTalk dan cable twisted pair khusus dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa computer melewati port serial. Sistem Operasi Macintosh memungkinkan koneksi secara jaringan peer-to-peer tanpa membutuhkan tambahan aplikasi khusus Protokol LocalTalk dapat digunakan untuk model jaringan Garis Lurus , Bintang , ataupun model Pohon dengan menggunakan kabel twisted pair . Kekurangan yang paling mencolok yaitu kecepatan transmisinya. Kecepatan transmisinya hanya 230 Kbps.


3. Token Ring

Protokol Token di kembangkan oleh IBM pada pertengahan tahun 1980. Metode Aksesnya melalui lewatnya sebuah token dalam sebuah lingkaran seperti Cincin . Dalam lingkaran token, komputer-komputer dihubungkan satu dengan yang lainnya seperti sebuah cincin. Sebuah Sinyal token bergerak berputar dalam sebuah lingkaran (cincin) dalam sebuah jaringan dan bergerak dari sebuah komputer-menuju ke komputer berikutnya, jika pada persinggahan di salah satu komputer ternyata ada data yang ingin ditransmisikan, token akan mengangkutnya ke tempat dimana data itu ingin ditujukan, token bergerak terus untuk saling mengkoneksikan diantara masing-masing komputer. Protokol Token Ring membutuhkan model jaringan Bintang dengan menggunakan kabel twisted pair atau kabel fiber optic . Dan dapat melakukan kecepatan transmisi 4 Mbps atau 16 Mbps. Sejalan dengan perkembangan Ethernet, penggunaan Token Ring makin berkurang sampai sekarang.



4. FDDI


Fiber Distributed Data Interface (FDDI) adalah sebuah Protokol jaringan yang menghubungkan antara dua atau lebih jaringan bahkan pada jarak yang jauh. Metode aksesnyayang digunakan oleh FDDI adalah model token . FDDI menggunakan dua buah topologi ring secara fisik. Proses transmisi baiasanya menggunakan satu buah ring, namun jika ada masalah ditemukan akan secara otomatis menggunakan ring yang kedua.

Sebuah keuntungan dari FDDI adalah kecepatan dengan menggunakan fiber optic cable pada kecepatan 100 Mbps.



5. ATM

ATM adalah singkatan dari Asynchronous Transfer Mode (ATM) yaitu sebuah protokol jaringan yang mentransmisikan pada kecepatan 155 Mbps atau lebih . ATM mentarnsmisikan data kedalam satu paket dimana pada protokol yang lain mentransfer pada besar-kecilnya paket. ATM mendukung variasi media seperti video, CD-audio, dan gambar. ATM bekerja pada model topologi Bintang, dengan menggunakan Kabel fiber optic ataupun kabel twisted pair . ATM pada
umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih LAN . dia juga banyak dipakai oleh Internet Service Providers (ISP) untuk meningkatkan kecepatan akses Internet untuk klien mereka.

kesimpulan:



sumber:
1. http://www.ai3.itb.ac.id/Tutorial/LAN.html
2. http://www.w3.org/TR/REC-html40
3. http://sunsite.ui.ac.id/student/ristek/sig/infosys/artikel/artikel3/protokol1.htm
4. http://spidela.wordpress.com/2009/10/01/mater-tik/
5. http://teknik-informatika.com/topologi-jaringan/

Jaringan komputer

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node. Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling berhubungan diantara satu dengan yang lain, dan saling berbagi sumber daya misalnya CDROM, Printer, pertukaran file, atau memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara elektronik. Komputer yang terhubung tersebut, dimungkinkan berhubungan dengan media kabel, saluran telepon, gelombang radio, satelit, atau sinar infra merah.



Jenis-Jenis jaringan

Ada 3 macam jenis Jaringan/Network yaitu :

a. Local Area Network (LAN) /Jaringan Area Lokal.



Sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relative kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi.

Beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya di jadikan sebuah file server. Yang mana digunakan untuk menyimpan perangkat lunak (software) yang mengatur aktifitas jaringan, ataupun sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputerkomputer yang terhubung ke dalam network. Komputer-komputer yang terhubung ke dalam jaringan (network) itu biasanya disebut dengan workstation. Biasanya kemampuan workstation lebih di bawah dari file server dan mempunyai aplikasi lain di dalam harddisknya selain aplikasi untuk jaringan. Kebanyakan LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer
lainnya.


b. Metropolitan Area Network (MAN) / Jaringan area Metropolitan

Sebuah MAN, biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu : jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya.
Misalnya Bank BNI yang ada di seluruh wilayah Ujung Pandang atau Surabaya.


c. Wide Area Network (WAN) / Jaringan area Skala Besar




Wide Area Networks (WAN) adalah jaringan yang lingkupnya biasanya sudah menggunakan sarana Satelit ataupun kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BNI yang ada di Indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain. Menggunakan sarana WAN, Sebuah Bank yang ada di Bandung bisa menghubungi kantor cabangnya yang ada di Hongkong, hanya dalam beberapa menit. Biasanya WAN agak rumit dan sangat kompleks, menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam Komunikasi Global seperti Internet. Tapi bagaimanapun juga antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal, hanya lingkup areanya saja yang berbeda satu diantara yang lainnya.

sumber:
1. http://www.ai3.itb.ac.id/Tutorial/LAN.html
2. http://www.w3.org/TR/REC-html40
3. http://sunsite.ui.ac.id/student/ristek/sig/infosys/artikel/artikel3/protokol1.htm
4. http://spidela.wordpress.com/2009/10/01/mater-tik/
5. http://teknik-informatika.com/topologi-jaringan/

Dampak Positif dan Negatif dari Internet


Internet, satu kata yang tidak asing bagi kita yang hidup di era globalisai seperti ini, khususnya pagi kita yang hidup di kota-kota besar. Internet merupakan kemajuan teknologi yang memberikan bantuan bagi kita untuk mengerjakan berbagai hal. Mencari informasi secara global, dapat berkomunikasi secara global dan berbelanja secara global. Ya, internet sudah memberikan berbagai manfaat, tapi tunggu dulu, internet yang sangat terbuka ini juga menyimpan banyak kerugian bagi kita sebagai pemakainya. Saya akan mengelompokkan dampak positif dan negative internet menjadi 3 atau untuk 3 kalangan, anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

Anak-anak jaman sekarang bisa dibilang lebih mengerti internet dibanding para orang dewasa, mereka yang mengambil dampak positif dari internet dengan memakainya untuk mengerjakan tugas dari sekolah, mencari informasi dunia, juga untuk mencari teman-teman baru. Namun sayangnya, pemakaian internet yang tidak diawasi juga berdampak negative bagi anak yaitu mereka menjadi ketergatungan akan kemudahan informasi yang didapat sehingga anak malas membaca buku, ketergatungan game online yang membuat mereka malas belajar dan mereka mendapat informasi yang tidak sesuai dengan umurnya.

Para remaja menggunakan internet selain untuk membantu tugas-tugas mereka, internet juga merupakan tempat untuk mencari berbagai kesenangan. Banyak web sebagai social media yang menyediakan berbagai fitur yang sangat menghibur disaat jenuh oleh sekolah atau perkuliahan. Namun sayangnya banyak remaja yang menyalah-gunakan internet untuk membuka situs-situs porno atau dengan sangat tidak hati-hati berkenalan dengan seseorang di dunia maya sehingga membahayakan diri sendiri atau teman-temannya.

Jangan dikira para orang dewasa yang secara umur dan pengalaman lebih matang dari para remaja dan anak-anak terhindar dari dampak negative internet. Internet banyak membantu para orang dewasa untuk urusan pekerjaan atau mendapatkan penghasilan dengan berbisnis online dan social media-pun dipakai oleh orang dewasa untuk bertemu kembali dengan kawan lama namun para orang dewasa yang tidak bertanggung jawab menjadikan internet sebagai tempat kejahatn seperti penipuan, atau kecanduan situs porno yang walau mereka sudah dewasa tetap memberikan pengaruh buruk bagi otak mereka juga jangan melupakan akibat social media banyak pernikahan yang kandas akibat perselingkuhan.

Secara garis besar dampak negatif dan positif internet seperti ini:
Positif:
1. Membantu mengerjakan tugas
2. Menyediakan informasi secara global
3. Menyediakan berbagai hiburan mulai dari games sampai jejaring social

Negatif:
1. Membuat kita menjadi malas dengan kemudahan yang ditawarkan internet
2. Ketergantungan akan berbagai hiburan yang disediakan internet
3. Menjadi tempat berkembangnya berbagai modus kriminalitas

Sejatinya, apapun itu jika kita dapat mengendalikannya dan tidak berlebihan, hal yang besar seperti internet tidak perlu kita takuti keberadaannya. Sebagai orang tua sebaiknya kita memberikan pengertian kepada anak-anak dan remaja, juga memberikan tambahan keimanan kepada mereka. Hal ini juga untuk para orang dewasa yang harus dapat mengendalikan diri dengan pikiran yang matang dan keimanan jangan sampai terpengaruh nafsu sesaat.

Internet bagaikan pisau bermata dua, jika digunakan dengan hati-hati maka akan sangat bermanfaat, sebaliknya jika kita seenaknya saja memakainya maka kita sendiri akan merasakan dampak negatifnya. Happy surfing the internet,oh wait, and be safe! 

Sumber:
• http://ilmupsikologi.wordpress.com/2010/02/10/dampak-positif-negatif-internet-bagi-perkembangan-anak
• Buku : The impact of the internet on our moral life(s) oleh Robert J. Cavalier

Pengenalan dan Sejarah Internet


Internet, suatu kata yang sudah sangat umum dimana dari rentang usia anak-anak sampai orang dewasa mengetahuinya. Ya, internet sudah menjadi bagian hidup bagi banyak orang terutama yang hidup di kota-kota besar. Namun sedikit dari kita yang mengetahui sejarah dari internet itu sendiri. Kata dari internet merupakan kepanjangan dari INTERnational NETworking atau INTERconnected NETworking. Internet bisa berarti 2 komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan bertukar informasi, atau juga bisa sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Internet merupakan jaringan global yang menghubungkan suatu jaringan (network) dengan jaringan lainnya di seluruh dunia. Media yang menghubungkan bisa berupa kabel, kanal satelit maupun frekuensi radio.

Sejarah internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.

Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Terlalu panjang dan malas membacanya? Singkatnya adalah seperti ini:
1969: Departemen Pertahanan Amerika (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset bernama nama ARPANET.
1970: Sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan.
1972: Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET dan icon @ mulai diperkenalkan.
1973: Jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
1976: Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.
1977: Lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.
1979: Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET.
1981: France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama.
1982: Dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP.
1984: Diperkenalkan sistem nama domain.
1987: Jumlah komputer yang tersambung ke jaringan menjadi 10.000 lebih.
1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat.
1990: Tim Berners Lee menemukan www, atau Worl Wide Web.
1992: Komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet
1994: Situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet.

Wow, ternyata internet sudah ada sejak tahun 1969 dan terus berkembang hingga saat ini. Memang kelahiran dari internet dan perkembangannya masih didominasi oleh para cendekiawan barat, namun sekarang di era globalisasi ini, tidak menutup kemungkinan internet dikembangkan oleh cendekiawan dari timur, bahkan mungkin dari Indonesia. Saya optimis.

Beberapa hal yang berhubungan dengan internet adalah :
• WWW
• HTTP
• URL
WWW (World Wide Web) merupakan bagian dari internet yang cepat berkembang dan paling populer. WWW merupakan jaringan beribu-ribu komputer yang dikategorikan menjadi dua yaitu : client dan server. Dua hal yang perlu diperhatikan adalah software web server dan software web browser.
HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah protokol yang menentukan aturan yang perlu diikuti oleh web browser dan web server. HTTP merupakan protokol standar yang digunakan dalam mengakses dokumen HTML.
URL (Uniform Resource Locator) adalah suatu sarana untuk menentukan informasi pada suatu web server. URL dapat diibaratkan sebagai suatu alamat. URL terdiri dari :
1. Protokol yang digunakan oleh suatu browser untuk mengambil informasi.
2. Nama komputer (server) dimana informasi tersebut berada.
3. Jalur atau path serta nama file dari suatu informasi.
Contoh URL : http://www.detiksport.com/sepakbola/index.php
• http adalah protokol yang digunakan
• www.detiksport.com adalah nama host atau server komputer dimana informasi yang dicari berada
• sepakbola adalah jalur atau path dari informasi yang dicari.
• index.php adalah nama file dimana informasi tersebut berada.


Refrensi:
• http://junaidiahmad.wordpress.com/2010/02/04/pengenalan-dan-sejarah-internet/
• dhani.singcat.com/files/pengenalan_internet.pdf
• d_ikasari.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/.../Pengantar+Internet.pdf
• Buku: History of Internet oleh Ian Petrus