Desain grafis sebagai
sebuah mata kuliah
Desain grafis meliputi
ide, konsep, teks dan gambar yang dihadirkan dalam bentuk visual melalui media cetak, elektonik
ataupun media lain. Desain grafis menentukan urutan dan susunan suatu bentuk
yang memudahkan dan mendorong proses komunikasi. Sementara ada harapan
kemungkinan bahwa pesan akan diterima dan dipahami oleh para pengguna yang
dijadikan target. Desainer mencapai sasaran ini melalui manipulasi elemen yang
diarahkan. Desain dapat diartikan dalam bentuk filosofi, estetika (keindahan),
kesensitifan, emosi atau politik sebagai dasar.
Apa itu desain grafis?
Desain
grafis adalah disiplin seni
visual kreatif yang mencakup banyak daerah. Hal ini seperti arah seni, tipografi, tata letak halaman,
teknologi informasi dan
aspek kreatif lainnya. Berbagai varietas ini mengartikan bahwa ada yang terfragmentasi
lanskap untuk praktek
desain di mana desainer menjadi spesialisasi dan fokus.
Evolusi desain grafis
Desain
grafis dikembangkan dari sebuah percetakkan dan
penerbitan industri,
dengan istilah yang
sama desain grafis pertama
kali digunakan di
tahun 1950-an. Pada
waktu itu ada demarkasi yang jelas
pada setiap masing-masing
tahapan, namun dengan tahapan yang berbeda, hal tersebut
dilakukan dengan profesional spesialis atau perdagangan dari produksi cetak sampai memproses. Tahapan-tahapan yang
terlibat antara lain printer, scanner, reproduksi fotografi, desain
grafis,
typesetters, pembeli
cetak, film, dan
proofreader manajer produksi.
Sebagai kekuatan komunikasi visual warna-warni menjadi luas dihargai, desain
grafis tumbuh dari kebutuhan untuk menyediakan komunikasi visual untuk dunia
konsumen dan menyebar ke seluruh sektor ekonomi berbeda, sambil terus memanfaatkan kemajuan yang melahirkan perkembangan
teknologi.
Perkembangan
teknologi telah menempatkan desainer di jantung proses kreatif. Seringkali, seorang desainer grafis mengelola proses desain dan mengkoordinasikan pekerjaan yang dilakukan
oleh disiplin kreatif lainnya sebagai bagian
dari pekerjaan. Dengan
demikian,
lingkup tanggung
jawab seorang desainer sekarang adalah termasuk membeli cetak,
pemrograman website, fotografi, tata letak halaman, pemilihan bahan, arah
seni, ilustrasi freehand,
computergenerated ilustrasi (CGI), manajemen proyek, klien manajemen account, storyboard, editing dan pra-tekan produksi.
Monza 1948 Max Huber merancang
Poster untuk mengiklankan bermotor
balap di Monza, Italia pada 1948. Untuk menyajikan konsep motor balap ini mencakup berbagai elemen, seperti tipografi, citra dan warna,. Meskipun tidak ada mobil yang menangkap desain nya membayangkan, esensi dari kecepatan dan persaingan melalui penggunaan panah berwarna dan siku jenis, berkurang.
Poster untuk mengiklankan bermotor
balap di Monza, Italia pada 1948. Untuk menyajikan konsep motor balap ini mencakup berbagai elemen, seperti tipografi, citra dan warna,. Meskipun tidak ada mobil yang menangkap desain nya membayangkan, esensi dari kecepatan dan persaingan melalui penggunaan panah berwarna dan siku jenis, berkurang.
Revolutions dalam foto adalah poster dibuat oleh 3 Desain Jauh yang memiliki kemiripan dengan yang berdekatan Monza poster,
dibuat saat di usia
pra-komputer, meskipun faktanya bahwa dibuat dengan menggunakan berbagai teknologi. dampak
kedua fitur jenis dan gambar yang menceritakan pesan dan menciptakan visual dimana
Teknologi dapat
mengubah
bagaimana desain yang
diciptakan dan diproduksi, desain yang baik
selalu melampaui
ini melalui penerapan efektif
prinsip-prinsip desain.
What is a graphic designer?
Berpikir akan sebuah
desain grafis sebagai suatu perdagangan itu anakronistik dan terbatas. Akan lebih berguna jika kita melihat pada
pendekatan yang mendasar untuk merancang bahwa apa-apa saja yang dibutuhkan
seoarang grafis desainer untuk memahami perannya dalam cetak dan proses
produksi digital. Seorang desainer pada dasarnya memiliki dua peran dalam
proses: memuaskan desain singkat dan melaksanakan pekerjaan.
Memenuhi tugas
ringkas.
Tugas pertama yang harus dipenuhi seorang
desainer grafis adalah untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dalam rangka
untuk memenuhi desain singkat (lihat halaman 74). Hal ini mungkin melibatkan
melakukan penelitian materi pelajaran untuk menghasilkan ide awal. Setiap
proyek dimulai sebagai serangkaian sketsa , pikiran atau ide awal .
Seorang desainer grafis membawa keteraturan
untuk konsep-konsep dan mengatur mereka dengan cara yang memberi mereka
kecepatan dan makna. Pada dasarnya, seorang desainer menstruktur secara kreatif
dan mengedit pekerjaan, dan membuat keputusan mengenai apa yang penting untuk
berkomunikasi dan cara terbaik untuk menyampaikan pesan.
Melaksanakan
perkerjaan.
Tugas berikutnya yang harus dilakuka seorang
perancang adalah untuk melaksanakan pekerjaan. Desainer dapat bekerja dengan,
dan memilih dari, berbagai sumber untuk desain akhir - apakah menggunakan sudut
pandang filosofis, atau dari sudut pandang modernisme, atau mengandalkan pada
estetika murni, seperti sebagai tren saat ini dalam desain huruf atau mode.
Bagian yang berharga dari proses desain adalah hasil akhir, tampilan dan nuansa
(kualitas estetika) dari proyek. Kontrol estetika itu lebih luas dari hanya
memilih ukuran dan warna dalam proyek tersebut, tapi juga sebagai alat bantu
berkomunikasi dan pemahaman. Pelaksanaan hirarki yang jelas dapat memperkaya
dan menyederhanakan proyek dengan membuat lebih mudah bagi pengguna untuk
mencari dan memperoleh informasi – baik pekerjaan itu adalah sebuah sistem kompleks atau sederhana saja seperti menu
restaurant.
Catatan Kaki
- estetika
sebuah atau mengenai apresiasi
keindahan atau selera yang baik.
- Dekonstruksi:
Sebuah metode penyelidikan kritis yang
meneliti bagaimana sebuah makna dibangun dengan menantang nilai-nilai yang
ditentukan yang disajikan untuk kita. Misalnya, mengapa angka folio menjadi
kecil dan di sudut halaman.
For Reading Out Loud
selebaran
disamping ini adalah bagia dari For Reading Out Loud, sebuah koleksi puisi oleh
Mayakovsky (1.893-1.930). selebaran ini
dirancang oleh seorang konstruktivis bernama El Lissitzky (1890-1941)
dan dipublikasikan di Berlin pada tahun 1923. Peran grafik desainer dilibatkan
dalam menafsirkan desain singkat dan menghasilkan sebuah desain dengan
menggunakan keterampilan dengan batas-batas antara seniman, desainer,
tipografer dan filsuf yang tidak terlalu jelas batasannya.
Mengkomunikasikan
dan menyebarkan pesan.
Seorang desainer dapat mengatur teks dan
gambar dengan cara dalam jumlah tak terbatas, namun tujuan utamanya adalah
untuk berkomunikasi secara efektif daripada menghasilkan avant-garde yang
bekerja untuk kepentingan hal itu sendiri. desain secara aktif mengembangkan,
memelihara, juga mengembangkan konvensi, aksioma dan klise dalam rangka untuk
menyampaikan pesan penting. Misalnya, mengapa halaman depan surat kabar
mengandung 500 kata dan satu gambar besar, dan sebuah kata-kata besar yang
menjadi topik utama? Karena format ini telah menjadi konvensi diterima oleh
pembaca dan jika terjadi perubahan drastis maka bisa mencegah para pembeli
membeli atau membaca koran.
Konvensi menyelamatkan desainer dari harus
memulai dari awal dengan setiap pekerjaan. Namun, hal ini tidak mengatakan
bahwa tidak ada ruang untuk inovasi. justru sebaliknya, inovasi cenderung
terjadi dalam batas-batas konvensi didirikan. Desain konvensi adalah unsur yang
berguna dan diperlukan oleh masyarakat. Misalnya, tanda-tanda jalan tol
berfungsi sesuai dengan konvensi sebagai mereka berkomunikasi pesan yang dapat
langsung diproses (atau dimengerti) oleh pengendara. Jika tanda-tanda tidak
berkomunikasi secara efektif, akan terjadi lebih banyak kecelakaan lagi.
Di sisi lain, metode dekonstruksi penyelidikan
kritis meneliti bagaimana makna dibangun dengan menantang nilai-nilai yang
ditentukan disajikan kepada kita. Istilah 'Dekonstruksi' itu diciptakan oleh
filsuf Perancis Jacques Derrida dalam tahun 1960-an untuk menggambarkan sudut
pandang yang melihat bagaimana sebuah makna dibangun. Dengan menantang atau
mendekonstruksi nilai-nilai yang diterima, arti dari nilai tersebut bisa
disampaikan dalam cara yang berbeda. Misalnya, mengapa harus nomor folio
menjadi kecil dan terletak di sudut halaman? Mengapa mereka tidak bisa menjadi
besar dan di tengah dari halaman.
Struktur
Group Dan Metode Bekerja
Seorang desainer bisa
menyelesaikan pekerjaan yang beragam di lingkungan yang berbeda. Mereka bisa
terjun ke dalam berbagai aktifitas dan bekerja bersama para profesional yang
lain. Di bawah ini merupakan beberapa contoh lingkungan dimana para desainer
bekerja.
Group Design
Tujuan
utama dari rute desainer adalah untuk mendapatkan pendekatan dalam studio
desain setelah menyelesaikan kuliah seni. Ketika kita memilih studio, penting
untuk memperhatikan berbagai aspek seperti ukuran, area dan kreatifitas.
Sehingga kita bisa menyesuaikan jenis desain sesuai kebutuhan klien.
Klien ingin mencari studio
desain yang memiliki ukuran, pengalaman, dan reputasi yang sesuai dengan
kebutuhan mereka. Di atas semua itu kreativitas, administrasi, manajemen alur
pekerjaan juga dibut6uhkan untuk menghindari masalah-masalah.
Para desaigner harus
memiliki perasaan untuk tipe perusahaan yang nyaman untuk mereka tempati.
Beberapa merupakan kumpulan klien merk yang terkenal yang meliputi banyak
kebutuhan atau projek, beberapa juga merupakan kumpulan klien kecil yang
memiliki range pekerjaan yang sempit. Designer harus bisa memilih mana yang
cocok untuk mereka.
Group Design Lokal, Nasional, dan
Internasional
Design group dominan memiliki kepentingan terhadap jumlah
pekerja yang dimilikinya. Agen kecil di provinsi biasanya memiliki list klien
yang sangat berbeda dan menangani aktivitas design yang berbeda daripada group
design internasional. Kedua tipe agen tersebut memiliki kelebihan dan
batasannya. Group design lokal bisa menangani servis terfokus yang sesuai
dengan trend. Namun demikian, group design seperti itu mungkin tidak mampu
untuk menangani permasalahan internasional. Begitu juga dengan tipe group
design lain.
Beberapa group design
memiliki kantor di beberapa negara untuk menangani klien internasional, namun
masih bertarget dan berfokus di lokasinya masing-masing. Sebagai contoh,
research studios yang ditemukan oleh Neville Brody dan FWA Richards pada 1994,
memiliki kantor di Paris, London, dan Berlin. Para designer dicabangnya
memiliki pengetahuan lokal di daerahnya masing-masing.
Ukuran Kantor dan Hubungan Kerja
Sebuah
kantor memiliki hubungan yang kompleks antara staff dan manajemennya. Ada
perbedaan level dalam kontrol, otoritas, kebebasan, dan formalitasnya.
Agen-agen yang besar bisa menyediakan range projek yang besar. Tetapi karena
mereka mempekerjakan banyak orang, seorang designer mungkin hanya bisa
berpartisipasi dalam aktivitas yang terbatas. Namun demikian agen design besar
biasanya memiliki kapabilitas pekerjaan yang beragam.
Bekerja di studio kecil
bisa menyediakan designer kesempatan yang lebih besar untuk bekerja dengan
pimpinan designer atau partner. Namun demikian, karena ukuran agen yang kecil
range pekerjaan yang bisa dilakukannya pun terbatas. Penting untuk menyesuaikan
aspirasi dengan tipe organisasi yang dapat memenuhi kebutuhan guna mendapatkan
kepuasan bekerja.
Hirarki
Agen design memiliki struktur yang berbeda dalam
hirarki formal dan non formal tergantung dari pemilik atau manajernya. Suatu
Agen terkadang memilih struktur berbasis team yang memiliki penulis, designer,
dan programmer. Namun agen lain kadang memilih struktur lain.
Account
Handlers dan Manager Projek
Account Handlers memiliki hubungan langsung dengan klien dan
designer. Account handlers menerima dan membantu untuk menentukan brieffing design,
perjanjian dengan klien,dll.
Manajer Projek bekerja
dengan klien dan team design untuk memastikan kemajuan project dan kondisi
keuangan, jadwal, dan briefing. Di samping itu manager project membantu dalam
sumber copy gambar dan mengorganisir foto.
Cara Kerja
Banyak designer lebih memilih kebebasan dan
tanggung jawab pekerjaan di organisasi kecil baik sebagai freelance, penukar,
atau bagian dari hubungan kerjasama, yang membuat mereka bisa
menspesialisasikan diri dalam solusi design tertentu. Bekerja dalam entitas
kecil biasanya membuat designer bisa memiliki kebebasan kreativitas yang besar.
Freelancer
Seorang freelancer adalah pekerja bebas yang
dipekerjakan secara per-project oleh agen atau perusahaan. Pada jaman
pertengahan, freelancer dikenal sebagai “Tombak Sewaan”. Dalam design grafik,
seorang freelancer memiliki kemampuan spesifik yang dibutuhkan dalam sebuah
pekerjaan.
Sole
Trader
Sole Traders lebih membuat pekerjaan mereka sendiri daripada
bekerja dalam ad-hoc atau basis informal untuk agen design lain. Beberapa
designer melakukan ini dan menyewakan meja mereka untuk dibagikan kepada
designer lain dalam rangka kerjasama. Seringkali, sole trader akan menganggap
freelancer sebagai tambahan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Hubungan
Kerja dan Kolektif
Seorang sole trader bisa saja melakukan hubungan kerja atau
kolektif dengan individu yang memiliki kemampuan yang berbeda. Ini adalah
kolektif tipikal yang membuat keuntungan dari tukar menukar kemampuan dan
bakat.
Pekerja dengan orang lain
membutuhkan kepercayaan dan daya saling mengerti yang tinggi diantara member
group. Untuk perlindungan semua anggota, entitas tersebut sebaiknya dicanangkan
dalam basis legal untuk mengindikasikan siapa yang memiliki kewajiban dan
bagaimana masalah keuangan, hutang, keuntungan, dan kepemilikan
ditentukan.
Desain Grafis saat ini
Desain grafis telah
berkembang dan beradaptasi untuk mengubah teknologi baru dalam komunikasi. Ini
mengajukan beberapa pertanyaan: dimana proses evolusi desain grafis saat ini?
Desain grafis apa yang beredar saat ini? Apa yang didapat
oleh grafis desain?
Teks
dan gambar
Teks dan gambar adalah
yang utama dari desain grafis dan merupakan susunan dari halaman, layar atau
dalam membangun lingkungan adalah salah satu cara menyambung komunikasi manusia
dalam dunia modern. Banyak klub atau grup bersaing dan tertarik. Desain harus
bekerja keras dan berbeda dalam komunikasi yang efektif. Perbedaannya,
elemen-elemen pada desain harus lengkap agar lebih dikenal dalam komunikasi
keseluruhan.
Penceritaan
cerita
Desainer-desainer modern
bercerita seperti membuat arti dunia melalui susunan dan presentasi teks dan
gambar. Cerita yang berkembang adalah satu dari persoalan yang menyebutkan
seluruhnya buku ini dan salah satu dari keperluan elemen-elemen agar desainer
dapat mempengaruhi publik. Gagasan sebuah cerita adalah menggunakan teks dan
gambar untuk membuat sebuah arti, yang mana dapat diterima oleh banyak cara
melalui penggunaan symbol-simbol, kiasan, dan lain-lain.
Pertanyaan
untuk membangun cerita :
- Apa: Apa yang kamu coba ucapkan?
Menampilkan
performa finansial perusahaan
- Kenapa :
mengapa pesan anda unik?
Menjelaskan
cara membuat informasi dapat di akses dan menarik
- Siapa :
Untuk siapa pesan tersebut?
Untuk pemegang
saham, manajer, pelanggan, staff, dan lain-lain.
- Bagaimana
: Bagaimana anda melakukannya?
Melalui
pendekatan, membandingkan gambar-gambar metafora
- Kapan :
Kapan akan tercapainya?
Pada tahun
2007, laporan finansial 2006 (setahun sebelumnya).
Buku Laporan tahunan
Laporan
tahunan ini ditelusuri oleh orang Australia, firm Buro X memberi contoh satu
dari tantangan utama yang ada pada desain grafis modern: yaitu, membuat suatu
hal yang sulit dimengerti menjadi dapat dimengerti, dan yang tidak tertarik
menjadi menarik. Desain pada laporan ini asli, jujur dan menarik dalam
kedengkian merupakan hal persoalan besar. Sebagian mengetahui bahwa produksi
batu tidak diminati, walaupun seandainya itu bisnis yang menguntungkan. Desain
menggunakan jabatan fotografi dan pendekatan, perbedaan gambar juga relevan
pada perusahaan dan di dalamnya adalah staf anggota.
thank you for the support and the hardwork team-mates! best regards! :)
Amanda Ellysse
P (50410594)
Deby Indah L
(51410730)
Rakhmi
Khalida (55410602)
Reza
Pahlevi (53410153 )
Soni
Sebastian (56410644)