Ada beberapa bagian yang terlibat dalam pengembangan game
baik dari segi pekerjaan dan keahlian dari masing-masing yang dikuasai.
Beberapa bagian tersebut antara lain:
1.
Desainer
Pada bagian desainer diharapkan bisa membuat alur cerita di
dalam game menjadi hidup. Kemampuan komunikasi, pengetahuan, dan wawasan yang
luas serta bekerja secara tim sangat membantu seorang desainer game yang
berperan dalam menjembatani antara dunia imajinasi yang dibuat ke dalam game dengan
dunia nyata. Dalam bagian desainer ini juga terdapat beberapa posisinya sendiri
yang dapat berperan pada masing-masing posisi. Pembagian posisinya sendiri bisa
beberapa macam seperti:
a.
Lead Designer
Perancangan konsep dari keseluruhan sistem game, mulai dari konsep yang utuh
sebuah game, pengawasan isi keseluruhan game sampai dengan strategi pemasaran
game.
b.
Game
Designer
Pada posisi game desainer ini dilakukan perancangan konsep alur cerita, karakter
dan segala aspek yang berhubungan dengan game yang akan dikembangkan.
c.
Level Designer
Perancang tingkatan dalam game juga merupakan peranan posisi yang penting
dalam pengembangan sebuah game sehingga tidak menimbulkan efek bosan namum
tidak lepas dari tujuan game yang dibuatnya.
2. Programmer
Dalam bidang ini sangat berpengaruh dalam bidang
pengembangan game. Semua alur cerita dan gaya permainan serta grafik yang
memukau digerakan oleh perintah-perintah kode yang ditulisnya. Seorang
programer menerjemahkan semua keinginan para pembuat game lainnya menjadi
bentuk kode yang akan mengerakan game. Game itu sendiri adalah software dan
programer adalah orang yang bertanggung jawab penuh jika game itu tidak dapat
berjalan semulus yang diminta. Pembagian jabatan di posisi ini pun bervariasi.
Posisi ini akan mengurus bagian-bagian khusus dari progamming seperti:
a. Graphic
b. Physics
c. Game Engine
d. Artificial Intelegence
e. Scripting
f. Sound
3. Artist
Bagian ini mengkhususkan diri ke elemen grafik di dalam game baik grafik
dua dimensi atau tiga dimensi. Beberapa posisi yang berhubungan dengan art
adalah:
a.
Character Artist
b.
Three Dimention Modeller
c.
Texture Artist
4. Sound/Audio Enginner
Posisi ini tidak kalah pentingnya dengan posisi yang lain.
Game tidak lagi menggunakan beberapa jenis suara, bahkan bisa menggunakan efek
orkestra yang dibuat oleh seorang atau beberapa ahli musik. Ada beberapa yang
bertugas secara khusus untuk menangani berbagai bidang sebagai berikut:
a.
Music Composer
Pada posisi ini khusus membuat musik tema dan musik latar belakang dalam game
yang akan dikembangkan sehingga menjadi lebih menarik dan tidak membosankan
jika dimainkan.
b.
Sound Effects Engineer
Posisi ini bertugas membuat efek suara seperti suara pukulan, tembakan,
suara kendaraan, suara angin, dan lain-lain.
c.
Voice Engineer
Beberapa game menggunakan percakapan dan tugas bagian ini adalah membuat
rekaman suara untuk percakapan itu. Sering menggunakan artist yang asli untuk
memberikan rekaman suara ke dalam game tersebut.
Namun dalam post saya ini, saya ingin membahas lebih jauh
mengenai artist dalam dunia game, apa sih artist dalam game?
Artist(Graphic Artist). Peran
dari Artist dalam sebuah pengembangan game yaitu mengenai semua aspek yang
berhubungan dengan visual art. Seperti dalam pembuatan karakter Game misalnya,
Artist adalah yang bertanggung jawab dalam pembuatannya.
Dalam game yang sederhana
sekalipun setidaknya pasti ada sedikit suara background nya. Misalnya saat
pemain memilih level atau saat pemain kalah dari permainan meskipun itu masih
sekedar “beep”. Saat ini background music dari sebuah game sudah dikerjakan oleh
professional yang bergerak di bidang music. Dalam Game Developer ini masuk
kedalam Composer/Sound Programmer/Game Musician. Composerlah yang bertanggung
jawab dalam setiap music yang ada dalam game.
Setiap Bagian dari Game Developer
saling membutuhkan satu sama lain. Misalnya Game Programmer akan membutuhkan
Design Game yang akan dibuat oleh Game Designer. Kemudian Game Designer
Membutuhkan Artist untuk menggambarkan karakter-karakter dalam game tersebut.
Pastinya Composer dibutuhkan oleh artist untuk menambahkan penekanan
environment yang ada, misalnya ada satu level dimana sang karakter berada di
tengah hutan belantara dan ia hanya bersenjatakan sebuah obor maka akan lebih
lengkap jika background music nya dibuat sedikit mencekam. Ini adalah bagian-bagian
utama dari Game Developer yang bergerak sebagai professional dalam pengembangan
Game.
Beberapa posisi yang berhubungan dengan art adalah:
a.
Character Artist
Bagian ini menciptakan berbagai model karakter dalam game yang akan bergerak
seperti karakter pemain, pesawat, kendaraan dan sebagainya. Selain membuat
model, posisi ini juga bertugas dalam menciptakan animasi game.
b.
Three Dimention Modeller
Hampir sama dengan character artist tetapi posisi ini lebih memfokuskan
diri ke bagian model yang tidak bergerak seperti lokasi maupun tempat dimana karakter
yang dibuat akan bermain.
c.
Texture Artist
Untuk melengkapi model dan karakter yang dibuat maka posisi inilah yang akan
mengerjakan bagian tekstur untuk model. Tekstur yang dibuat akan memberikan
sentuhan nyata dan hidup dari model dan karakter yang dibuat oleh artist lain.
Untuk dapat menjadi seorang artist dalam dunia game atau
seorang seniman konsep, apakah seniman konsep?
Seniman konsep adalah orang yang akan membuat dan desain
karakter dan dunia yang digunakan dalam permainan. Untuk mulai dengan, semuanya
dibuat di atas kertas sebagai konsep kasar. Saat ini telah disetujui, ia pergi
melalui pembersihan periode yang mungkin melibatkan pemindaian desain ke
komputer dan menggunakan paket seni seperti Photoshop untuk sempurna line bekerja
dengan baik dan menambahkan rincian. Warna ini kemudian dimasukkan ke dalam
Gambar artis sehingga tekstur dapat menciptakan tekstur yang benar bagi dunia
atau karakter. Setelah konsep karya seni telah selesai itu akan diteruskan ke 3D
Model Builder (atau Animator jika karakter Animasi).
Menurut saya, menjadi seorang artist yang berkecimpung
dalam dunia game sangat hebat, merupakan pekerjaan yang membanggakan, sekarang
ini dunia game sedang berkembang pesat, dan yang mendorong kesuksesan sebuah
game disamping alur game yang menarik adalah visualisasi game itu sendiri,
bagaimana penggambaran karakter maupun background yang ditampilkan. Saya berharap
banyak seniman indonesia yang menggeluti dunia game ini agar memajukan game
indonesia.
sumber: