Sabtu, 16 April 2011

Manusia dan Pandangan Hidup


Setiap manusia mempunyai pandangan hidup. Pandangan hidup itu bersifat kodrati. Karena itu menentukan masa depan seseorang. Untuk itu perlu dijelaskan pula apa anti pandangan hidup. Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasaikan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya.


Pandangan hidup banyak sekali macamnya dan ragamnya. Akan tetapi pandangan hidup dapat diklasifikasikan berdasaikan asalnya yaitu terdiri dari 3 macam :

(A) Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya
(B) Pandangan hidup yang berupa ideologi yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada negara tersebut.
(C) Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relatif kebenarannya.

Apabila pandangan hidup itu diterima oleh sekelompok orang sebagai pendukung suatu organisasi, maka pandangan hidup itu disebut ideologi. Jika organisasi itu organisasi politik, ideologinya disebut ideologi politik. Jika organisasi itu negara, ideologinya disebut ideologi negara.

Pandangan hidup pada dasamya mempunyai unsur-unsur yaitu cita-cita, kebajikan, usaha, keyakinan/kepercayaan. Keempat unsur ini merupakan satu rangkaian kesatuan yang tidak terpisahkan. Cita – cita ialah apa yang diinginkan yang mungkin dapat dicapai dengan usaha atau perjuangan. Tujuan yang hendak dicapai ialah kebajikan, yaitu segala hal yang baik yang membuat manusia malunur, bahagia, damai, tentram. Usaha atau perjuangan adalah kerja keras yang dilandasi keyakinan/kepercayaan. Keyakinan/kepercayaan diukur dengan kemampuan akal, kemampuan jasmani, dan kepercayaan kepada Tuhan.

CITA-CITA
Sewaktu masih duduk di bangku Taman Kanak-Kanak pastinya pernah seorang guru ataupun orang tua yang menanyakan “apa cita-citamu ?”. Sama seperti pandangan hidup, tiap-tiap orang pastinya memiliki cita-cita atau angan-angan sendiri untuk masa depannya kelak. Dalam angan-agan yang dikhayalkan, setiap orang pasti berharap untuk dapat hidup lebih maju di kemudian hari baik dalam pekerjaan maupun dalam rumah tangga.
namun, bagaimana arti cita-cita menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia? Menurut KBBI, cita-cita adalah keinginan, harapan, tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Baik keinginan, harapan, maupun tujuan merupakan apa yang mau diperoleh seseorang pada masa mendatang. Apabila cita-cita tersebut tidak mungkin atau belum mingkin tercapai, maka di sebut angan-angan.
Antara masa sekarang yang merupakan realita dengan masa yang akan datang sebagai ide atau cita-cita terdapat jarak waktu. Dapatkah seseorang mencapai apa yang dicita-citakan, hal itu bergantung dari tiga faktor. Yakni:

– Faktor manusia
- Faktor kondisi
- Faktor tingginya cita-cita

KEBAJIKAN
Kebajikan adalah sama artinya dengan suatu perbuatan yang bermoral baik atau sesuai dengan norma hukum dan agama. Manusia berbuat baik, karena menurut kodratnya manusia itu baik, mahluk bermoral. Atas dorongan suara hati manusia cenderung berbuat baik. sebagai contoh, seorang anak kecil dengan refleks pasti akan menolong seseorang yang megalami kesulitan yang ada di depannya. Hal ini terjadi karena adanya suara hati yang bergerak dan menganjurkan untuk menolong orang yang kesusahan tersebut. otomatis anak tersebut telah melakukan tindakan kebajikan.

Manusia adalah seorang pribadi yang utuh yang terdiri atas jiwa dan badan. Manusia merupakan mahluk sosial: manusia hidup bermasyarakat, manusia saling membutuhkan, saling menolong, saling menghargai sesama anggota masyarakat. Sebaliknya pula saling mencurigai, saling membenci, saling merugikan, dan sebagainya. Sebagai mahkluk pribadi, manusia pastinya dapat menetukan sendiri mana yang baik maupun yang jahat oleh karena adanya suara hati. Contohnya, tiap-tiap orang yang baru pertama kali diperhadapkan pada pilihan harus mencontek atau tidak pastinya akan merasa takut untuk menyontek karena adanya dorongan hati yang menyadarkan bahwa perbuatan mencontek tidaklah di perbolehkan. dengan adanya contoh tersebut, dapat dikatakan manusia pada awalnya pastinya mengetahui apa yang baik ataupun yang buruk.

Faktor-faktor yang menentukan tingkah laku setiap orang ada tiga hal:
1. Pertama faktor pembawaan (heriditas) yang telah ditentukan pada waktu seseorang masih dalam kandungan.
2. Faktor kedua yang menentukan tingkah laku seseorang adalah lingkungan (environ¬ment).
3. Faktor ketiga yang menentukan tingkah laku seseorang adalah pengalaman yang khas yang pemah diperoleh.

USAHA ATAU PERJUANGAN
Usaha atapun perjuangan adalah suatu usaha untuk mencapai tujuan dan cita-cita. Tanpa adanya perjuangan dan usaha, manusia tidak akan bisa mencapai apa yang dicita-citakannya dan apa yang diharapkannya. Oleh karena itu, manusia harus selalu berusaha untuk hidupnya sendiri dan hal tersebut merupkan kodrat yang harus diterima oleh manusia untuk dapat tetap hidup sesuai dengan apa yang diinginkannya. Sebagai contoh, apabila seorang murid ingin mendapatkan peringkat satu di kelasnya, maka ia harus berusaha keras dengan cara belajar. Apabila seseorang ingin menjadi kaya raya, maka ia harus rajin bekerja dan menabung. kerja keras yang dilakukan oleh setiap manusia dapat dilakukan dengan menggunakan otak, tenaga, rohani (nilai-nilai keagamaan) ataupun ketiganya.

Untuk bekerja keras, manusia di batasi oleh kemampuan. Tiap-tiap orang memiliki kemampuan yang berbeda satu sama lain. sebagai contoh, seorang murid dapat langsung menguasai pelajran dengan cepat, namun ada juga murid yang tidak dapat menguasai pelajaran dengan cepat bahkan dapat dikatakan lambat. hal mengenai kemampuan dalam menangkap pelajaran inilah yang membuat kerja keras siswa yang lambat dalam berpikir menjadi terbatas untuk bisa menguasai pelajaran dengan cepat.

KEYAKINAN ATAU KEPERCAYAAN
Keyakinan/kepercayaan yang menjadi dasar pandangan hidup berasal dari akal atau kekuaasaan Tuhan. Menurut Prof. Dr.Harun Nasution, ada tiga aliran filsafat, yaitu aliran naturalisme, aliran intelektualisme, dan aliran gabungan.
(a) Aliran Naturalisme
Hidup manusia itu dihubungkan dengan kekuatan gaib yang merupakan kekuatan tertinggi. Kekuatan gaib itu dari natur, dan itu dari Tuhan.
(b) Aliran intelektualisme
Dasar aliran ini adalah logika / akal. Manusia mengutamakan akal. Dengan akal manusia berpikir.
(c) Aliran Gabungan
Dasar aliran ini ialah kekuatan gaib dan juga akal. kekuatan gaib Minya kekuatan yang berasal dari Tuhan, percaya adanya Tuhan sebagai dasar keyakinan.

LANGKAH-LANGKAH BERPANDANGAN HIDUP YANG BAIK
Seperti yang telah kita ketahui bersama, tiap-tiap orang pastinya memiliki pandangan hidup sendiri bagaimanapun itu bentuknya. namun, dalam memiliki pandangan hidup yang baik, hendaknya tiap-tiap manusia dapat meguasai langkah-langkah berikut :
(1) Mengenal
(2) Mengerti
(3) Menghayati
(4) Meyakini
(5) Mengabdi

Dengan mengenal diri kita sendiri dengan lingkungan kita, kita dapat mengetahui dan mengerti apa yang menjadi tujuan dan keinginan kita untuk hidup. setelah mengrti tentang apa tujuan kita, hendaknya kita meresapi dan menghayati tujuan hidup kita agar dapat tercapai dikemudian hari. setelah menghayati dan menyimpannya dalam hati, kita dapat meyakini apakah tujuan itu benar-benar tepat untuk kita atau tidak dan mengabdikannya dalamkehidupan sehari-hari agar tujuan yang ada dapat terwujud dan dijadikan pandangan hidup yang baik.

Menurut saya, pandangan hidup seseorang merupakan dasar tujuan hidup dari manusia itu sendiri. Pandangan hidup manusia dapat berubah seiring dengan bertambahnya ilmu yang dia dapatkan. Karena itu kita sebagai manusia harus mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya agar mendapat pandangan hidup yang luas. Saya sendiri sebagai seorang muslim dan manusia yang cukup berpendidikan, memandang hidup ini sebagai sebuah proses perjalanan panjang menuju akhir yang bahagia, akhir tersebut bukanlah kematian melainkan kehidupan sesudah kematian itu sendiri.
Karena itu selama saya hidup, saya harus bisa menjalaninya dengan baik dan tanpa penyesalan, saya harus bisa mendapatkan kesuksesan dunia akhirat, amin.

sumber:
1. http://masuk.blogrezzaprawiratama.co.cc/2010/04/pengertian-pandangan-hidup.html
2. http://yankumala.wordpress.com/2011/03/29/manusia-dan-pandangan-hidup/

1 komentar:

Melki mengatakan...

makasi untuk artikelnya....-(^_^)-
lagunya juga bagus