Senin, 31 Oktober 2011

KOMPUTER (Definisi Teknologi Informasi)


Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan teknologi informasi?
 Teknologi Informasi biasa disebut IT atau Information Technology, berikut beberapa definisinya:
Menurut Haag dan Keen (1996) : Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informai dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

Menurut Martin (1999): Teknologi Informasi tidak hanya perangkat komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan data informasi namun juga mencangkup teknologi komunikasi, jaringan dan proses pengirimannya.

Menurut Williams dan Sawyer (2003): Teknologi Informasi adalah Teknologi yang menggabungkan komputasi dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi dalam membawa data, suara, video.

sedangakan menurut Wikipedia :Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

Pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi.Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalamHarvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa "teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). ".Beberapa bidang modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web, bioinformatika, ''Could Computing'', sistem informasi global, Skala besar basis pengetahuan dan lain-lain.

Lalu saya mencoba mencari lagi definisinya di internet, saya mendapatkan beberapa defini, yaitu:
1. Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.


2. Teknologi informasi adalah bagian dari budaya barat yang acap kali berbenturan dengan kultur ketimuran. Masuknya akses informasi tanpa batas dari luar akan merubah perilaku baik secara positif maupun negatif. Dalam hal ini diperlukan filter sosial dan teknologi yang kuat untuk menahan nilai negatif yang dibawa oleh budaya asing tersebut.


3. Teknologi informasi adalah bidang yang bersentuhan erat dengan kehidupan manusia sehari-hari. Oleh karena itu penerapannya dalam rangka penyelesaian masalah (problem solving) sering kali bersifat komprehensif, melibatkan berbagai aspek teknologis. Bahkan dalam dunia nyata, penerapan teknologi informasi sering kali bersentuhan dengan aspek-aspek non-teknologi, seperti sosial, psikologis, atau organisasional. Situasi ini mensyaratkan para profesional teknologi informasi untuk memiliki pengetahuan yang solid dan wawasan yang komprehensif. Kemampuan ini hanya dapat diperoleh melalui pendidikan yang memberikan pengetahuan tentang fondasi konseptual yang kuat dan sekaligus kemampuan untuk berpikir secara integral.




Sedangkan menurut saya sendiri, IT adalah kombinasi dari Teknologi Komputer dan Teknologi Informasi.
silahkan anda menganalisi, apakah sebenarnya IT itu sendiri, selamat beranalisi :)








sumber:

Judul buku    : Pengenalan Komputer, Penulis: Mico Pardosi
Judul: Pengenalan Komputer, Penulis: Budhi Kristianto
http://www.hdn.or.id/index.php/research/2006/berbagai_definisi_teknologi_informasi_1
Modul TIK SMAI Pb. Soedirman

Tidak ada komentar: