Senin, 31 Oktober 2011

KOMPUTER ( Mikro Komputer)

Komputer mikro (Inggris: microcomputer) adalah sebuah kelas komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya. Komputer mikro juga dikenal sebagai Personal Computer (PC), Home Computer, atau Small-business Computer. Komputer mikro yang diletakkan di atas meja kerja dinamakan dengan desktop, sedangkan yang dapat dijinjing (portabel) dinamakan dengan Laptop, karena sering diletakkan di atas paha. Ketika komputer mikro pertama kali muncul ke pasaran, komputer jenis ini dianggap sebagai perangkat yang hanya digunakan oleh satu orang saja, yang mampu menangani informasi yang berukuran 4-bit, 8-bit, atau 16-bit (dibandingkan dengan minicomputer atau mainframe yang mampu menangani informasi lebih dari 32-bit) pada satu waktunya. Pengembangan lebih lanjut, menjadikan klasifikasi antara mainframe, minicomputer dan komputer mikro menjadi tidak relevan lagi, karena komputer mikro yang baru mampu menangani informasi 32-bit, atau 64-bit dalam satu waktunya, sama seperti halnya mainframe atau minicomputer. Selain itu, komputer mikro juga sekarang telah mendukung banyak pengguna dalam satu waktunya. komputer mikro didesain untuk digunakan di dalam rumah, sekolah, atau perkantoran.

 Berikut contoh-contoh mikro komputer: '
1. Desktop pc : jenis pc berukuran besar yang umum digunakan pada rumah atau kantor dengan posisi case dalam posisi tertidur
 2. Tower pc : pc dengan case dalam keadaan berdiri, biasanya diletakkan dibawah atau samping meja komputer
 3. Laptop: jenis mikrokomputer yang mudah dibawa-bawa, laptop ukuran kecil biasa disebut notebook.
 4. Palmtop : pc genggam berukuran kecil dan ringan, menyerupai kalkulator sehingga dapat diletakkan diatas tangan
5. PDA (Personal Digital Assistant): jenis komputer genggam yang menggunakan pena sensor elektrik sebagai mengganti keyboard pada pc pada umumnya. PDA dapat menhadi buku catatn bahkan dilengkapi dengan software khusus sehingga dapat melakukan koneksi dengan internet secara langsung.

sumber:
wikipedia
Judul: Teknik Digital Mikro Prosesor dan Mikro Komputer ,Penulis : Lukas Willa
Judul: Pengenalan Komputer, Penulis: Budhi Kristianto

Modul TIK SMAI Pb. Soedirman

Tidak ada komentar: