Kamis, 25 November 2010

PRASANGKA DISKRIMINASI DAN ETNOSENTRISME (BAB X)

PRASANGKA
Sikap negatif terhadap sesuatu, disebut juga prasangka,kita garis bawahi bahwa prasangka dapat juga dalam pengertian positif. Namun belum jelas ciri-ciri kepribadaian mana yang membuat seseorang mudah berprsangka, ada pendapat yang menyebutkan bahwa orang yang intelekgensi tinggi lebih sukar berprasangak karena orag-orang macam ini bersikap dan bersifat kritis, nyatanya, cendekiawan dan negarawan juga bisa berprasangka.

DISKRIMINASI
Diskriminasi menunjuk kepada suatu tindakan, dalam pergaulan sehari-hari sikap berprasangka dan diskriminasi seolah-olah menyatu dan tidak dapat di pisahkan. Seseorang yang mempunyai prasangka rasial, biasanya bertindak diskriminasi terhadap ras yang diprsangkainya. Walaupun begitu, biasa saja seseorang bertindak doskriminatif tanpa latar belakang pada suatu prasangka. Demikian juga sebaliknya, seseorang yang berprasangka dapat berprilaku tidak diskriminatif.

Sebab-sebab timbulnya prasangka dan diskriminatif antara lain:
1. Berlatang belakang dari sejarah
2. Perkembangan sosio-kultural dan situasional
3. Faktor kepribadian
4. Perbedaan kepercayaan, keyakinan, atau agama.

Prasangka dan diskriminatif dapat dikurangi dengan, antara lain:
1. Perbaikan kondisi sosial ekonomi
2. Perluasan kesempatan belajar
3. Sikap terbuka dan bersikap lapang

ETNOSENTRISME
Etnosentrisme adalah suatu kecenderungan yang menganngap nilai-nilai dan norma-norma kebudayaannya sendiri sebagai suatu yang prima, terbaik, mutlak dan dipergunakannya sendiri sebagai tolak ukur untuk menilai dan membedakannya dengan kebudayaan lain.

Enosentrisme nampaknya merupakan gejala sosial yang universal dan sikpa yang demikian biasanya dilakukan secara tidak sadar. Dengan demikian etnosentrisme merupakan kecenderungan tak sadar untuk menginterpretasikan atau menilai kelompok lain dengan tolak ukur kebudayaan sendiri. Sikap etnosentrisme dalam tingkah laku komunikasi nampak canggungm tidak luwes. Akibatnya etnosentrime penampilan yang etnosentrik dapat menjadi penyebab kesalah pahaman dalam berkomunikasi.

Tidak ada komentar: