Jumat, 12 November 2010

cerpen : semua ada waktunya

Selesai Sholat aku duduk di pinggir aula sekolahku. Aku memakai sepatu sambil melihat ke arah gedung sekolahku. Jantungku seperti ingin berhenti saat aku melihat sosok yang amat ku kenal. Hari ini aku lihat ia menangis. Lagi. Mengapa ia sering sekali mengangis. Kali ini ia berdiri sendiri di lantai dua sambil berlinang air mata. Ku tekankan sekali lagi, SENDIRI.
Mengapa aku tidak menghampirinya? Yah, karena aku tak bisa. Jika aku bisa, tentu aku akan segera naik ke lantai dua, langsung memeluknya dan menghapus tangisnya.
“Ben, ngapain lo ngelamun disini?” Aryan yang langsung duduk di sebelahku, sepertinya dia habis sholat, “Udah sholat?”
“Udah. Gw bukan ngelamun, tapi gw lagi ngeliatin bidadari gw!”
“Bidadari?” tanya Aryan yang sedang memakai kaus kaki.
“Iya, itu tuh, si Kayla.”
“Ya ampun Ben, masiiih aja lo ngeliatin cewek yang udah punya cowok. Sebagai sahabat lo gw ngerasa kasian.”
Aku terdiam. Tau khan kenapa aku tak bisa menghampirinya. Ya, Kayla udah pacar dan aku yakin sekali, kali ini pun pasti si brengsek Ryo yang membuatnya menangis.
“Samperin gih.” kata Aryan
“Buat apa?”
“Ya kalo elo diem aja, mana dia tau lo naksir dia sejak kelas 6 sd! Udahlah samperin aja.”
“Iye gw samperin dia dan gw akan terlihat amat tolol pas gw nyamperin dia trus Ryo datang dan menghancurkan semuanya.
Aryan tertawa. “Iya-ya. Lo khan kalah banget sama Ryo. Dia tinggi, lo..”
“Setidaknya gw lebih putih.”
“Dia pinter, lo..”
“Gw lebih jago basket dari dia.”
“Dia ganteng, lo..”
“Jangan salah, gw lebih kiyut gitu loh..” sahutku sambil bergaya banci
“Najis lo ah. Ini nih yang paling lo kalah dari dia.”
“Paan?”
“Kayla sayang banget ma dia dan Kayla juga ceweknya.”
“Udah ah, makin patah semangat gw. Balik yu.”
“Ngapain lo ngajak balik gw?”
“Biasa..”
“Biasa paan?”
“Nebeng-nebeng” kataku sambil tersenyum
“Sialan lo.”
***
“Benji!” panggil seseorang.
Hatiku berdegup amat kencang dan aku berbalik.
“Benji tunggu!” teriak Kayla sambil berlari-lari kecil.
Dia sampai di hadapanku dengan sedikit terengah, wajahnya memerah dan penuh keringat.
“Darimana lo? Kok kacau banget gini? Abis nguli dimana?”
“Sialan lo. Gw abis dari lantai 3, lo gw panggil-panggil juga dari tadi kaga berenti-berenti.”
“Sori, bisa suara lo kecil sih, sama kaya orangnya, jadinya gw ga denger dan ga liat lo deh.”
“Benji rese!” katanya sambil mengacak-acak rambutku sambil berjinjit-jinjit.
“Anak kecil nggak usah sok tinggi.”
“Biar kecil banyak yang suka kok! Week..!”
Iya gw tau, gw salah satunya.
“Gw butuh bantuan lo niy.”
“Apa? Kalo gw di suruh nyukurin bulu kaki lo gw ogah ya”
“Ih..siapa juga yang minta itu. Temenin gw ke toko baju yuk.”
“Hah? Ngapain sama gw? Minta temenin cowok lo sana.”
“Dia ngeband. Please ya Ji..please..”
Ini nih senjata rahasia Kayla Rezelina untuk menaklukan hati Arbenji Nugraha. Udah sering banget aku luluh.
“Iya deh, kemana?”
“Ke De javu, oke?”
“Seph.”
Sepanjang perjalanan kami bercerita panjang lebar seperti biasa, namun tak pernah sekalipun aku menyinggung soal tangisannya. Sesampainya disana Kayla langsung menuju ke bagian kemeja laki-laki.
“Kok kesini Kay?”
“Iya, gw mau beliin kemeja buat Io, bentar lagi dia ultah.”
Harga diriku sebagai seorang laki-laki benar-benar terinjak-ijak. Bagaimana mungkin aku memenemani orang yang kucintai membelikan kado ulang tahun untuk pacarnya??!!
“Oh..”
“Ini bagus ga?”
“Bagus.”
“Kalau yang ini?” tanyanya sambil mengengkat kemeja lainnya.
“Bagusan yang tadi, yang ini kayaknya kekecilan deh buat Ryo.”
Apa yang kulakukan?? Allah..berikan hambamu ini kekuatan..
“Iya-ya, Io kan tinggi, ini cocoknya buat lo, lo khan kecil. Hehehe.”
“Ngaca dulu ya mbak! Lebih kecil siapa lo ama gw?”
“Iya-iya, ya udah gw beli yang ini, lo tunggu di motor aja.”
“Cepetan ya.”
Tidak lama kemuadian Kayla datang dan kamipun pulang. Aku terdiam sepanjang perjalanan ke rumahnya. Aku terlalu kesal dengan diriku sendiri. Ku lihat Kayla dari kaca spion, dia sepertinya bingung akan sikapku.
“Ryo ultahnya kapan?”
“Besok. Makanya gw buru-buru banget.”
“Besok tanggal berapa sih?”
“Tanggal 26 November.”
Apa? 26 november? Itu khan ulang tahun gw juga. Shit! Sial banget sih gw! Arrgghh…!!!! Siiiiaaaallll!
“Lo kenapa Ji?”
“Enggak papa!”
“Nyantai aja sih, ya udah berenti aja, gw turun disini.”
“Ngapain turun disini.”
“Ini udah di depan rumah gw odong!”
“Oh iya, gw nggak sadar.”
“Thanks ya Ji, lo emang bestfriend gw banget deh! Dag.”
Aku melihat Kayla masuk ke dalam rumahnya. Kata-kata yang begitu menusuk. Sahabat…
***
Aku terbangun jam 11 siang. Hari sabtu. Tanggal 26 November. Hari ulang tahunku yang kelabu. Tidak biasanya sehabis sholat subuh aku tidur lagi. Mungkin karena hatiku terlalu lelah akhir-akhir ini.
Aku lihat ponselku. Banyak sms selamat ulang tahun namun tidak ada nama ‘Kayy ciLL’ disana. Aku berteriak. Bodoh!
“Napa si lo teriak-teriak nggak jelas gitu?” tanya Aryan yang tiba-tiba masuk ke kamarku.
“Biasa. Stress. Ngapain lo kesini?”
“Ini ulang taun lo man! Masa gw nggak datang ke rumah lo, mana pestanya?”
“Pesta gigi lo. Gw lagi berduka.”
Aku ceritakan apa yang terjadi dan Aryan tertawa terbahak-bahak.
“Bloon sih lo,konyol lo tau ga!”
“Bodo amat, gw ini yang bloon.”
“Sori-sori Ji, ya udah, sekarang kita jalan aja, gimana?”
“Ayo deh, sumpek gw hari ini.”
“Ya udah kita ke café gw aja, banyak cewek calep hari ini.”
“Oke, tapi lo yang traktir ya.”
“Lah, yang ultah khan elo.”
“Tapi yang punya café khan elo, udahlah itung-itung kado buat gw dan lo ngehibur gw.”
“Ya udahlah.”
Seharian aku bersenang-senang dengan teman-teman wanita Aryan, dasar cowok Playboy! Gw aja satu nggak dapet-dapet, dia malah banyak banget. Aku sampai rumah jam 11 malam. Aku lihat di depan pager rumahku ada seorang perempuan, Kayla!
“Ngapain lo malem-malem gini di depan rumah gw?”
“Darimana aja sih lo? Gw tunggu lo dari jam 9 tau nggak! Nih!” Kayla menyerahkan bungkusan kado.
“Apaan ni?”
“Kado buat lo, happy birthday!” katanya ketus.
Aku terkejut.
“Sori-sori, gw pikir lo lupa ulang taun gw.”
“Mana mungkin gw lupa ulang tahun sahabat gw sendiri, sori ya, gw nggak ada pulsa, jadi ga sms lo.”
“Enggak papa.”
Aku buka kado dari Kayla, ternyata kemeja yang aku lihat waktu itu. Ternyata waktu itu dia juga beli kado buat gw? Aku tersenyum.
“Kenapa senyum-senyum?”
“Nggak apa-apa. Mana Ryo?”
“Lagi ngisi bensin, gara-gara nungguin lo ni, untung cowok gw baik. Coba cowok lain, mana ada seorang pacar yang rela nungguin ceweknya nungguin sabahatnya sampe dua jam, cowok lagi!”
“Kalo dia baik, kenapa lo sering nangisin dia?”
Ups! Gw kelepasan. Mati gw. Raut Wajahnya berubah.
“Walaupun dia sering bikin gw nangis tapi gw sayang sama dia, toh bukan mau dia kok nyakitin gw, smua karena salah paham aja.”
“Sebegitu seringnya lo salah paham? Kenapa sih lo masih aja tahan sama dia, masih ada cowok lain yang bisa ngebahagiain lo Kay!”
“Denger ya Benji, walau dia bikin aku nangis, tapi dia gampang banget bikin aku ketawa dan tersenyum lagi. Nggak ada orang lain yang bisa bikin lebih bahagia selain Io. Love is when you give someone the power to break your heart but trust them not to, get it?”
“Iya-iya. Tuh cowo lo datang.”
Cih. Dia bawa mobil lagi.
“Ya udah, gw balik ya, bye.
“Tunggu Kay, sampai kapan lo akan bertahan?”
“Sampai hati gw udah nggak sanggup lagi lah Ji. Habis itu, tolong bilangin ke orang yang bisa ngebahagiain gw itu buat ngilangin rasa sedih gw. Bye.” kata Kayla sambil masuk ke dalam mobil. Ryopun pamit dan mereka menghilang.
Aku seperti punya semangat baru, mungkin ini bukan ultah yang terlalu kelabu. Liat aja Ryo, saat lo ngelepasin Manda, dia akan gw ambil dan nggak akan gw lepas, ga akan pernah! Karena cuma gw yang bisa ngebahagiain dia selain lo, cuma gw!
“Happy birthday to you, u were born in the zoo…” nyanyiku

Tidak ada komentar: